Senin, 20 Januari 2014

ROTI CATERPILAR UBI ORANGE






Sebenarnya sudah beberapa kali bikin roti caterpilar ini, cuma selalu ga sempet di foto. Kali ini langsung jepret biar sekalian kerja (baca capek). Roti ini selalu laris manis di rumah, enak sihhhh.... apalagi bikinan sendiri. Dan toppingnya bisa royal alias banyak dan yang pasti lebih terjamin kebersihannya plus hemat (ga perlu sering2 beli roti). Kali ini dalam rangka memanfaatkan sisa ubi orange. Daripada di goreng lagi mending bikin roti. Hasilnya enak dan memang bener2 lembutttttt. Resepnya saya dapet dari salah satu blog, terimakasih tuk sharingnya. 






*  Adonan roti :

~   400 gr ubi orange, kukus, haluskan, dinginkan
~  450 gr tepung terigu
~  20 gr instan yeast
~  100 gr susu bubuk
~  200 gr gula pasir
~  2 butir telur, kocok lepas
~  80 gr mentega
~  1 sdt garam



Cara :
~  Siapkan sebuah wadah besar, campurkan semua bahan kering (terigu, ragi, gula pasir, susu bubuk). Aduk rata.
~  Masukkan ubi yang telah dihaluskan, telor kocok lalu uleni  hingga tercampur setengah kalis. Tambahkan mentega dan garam, uleni kembali hingga benar2 kalis. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit jika adonan masih terasa lengket dan lanjukan menguleni hingga adonan benar2 kalis dan tidak lengket di tangan.
~  Bentuk adonan menjadi bulatan lalu simpan dalam sebuah wadah, tutup dengan kain bersih. Diamkan selama ± 1jam atau mengembang 2x lipat dari semula.
~  Kempiskan adonan lalu uleni kembali, bagi adonan masing2 @70gr. Tata di loyang datar yang telah ditaburi terigu dan beri jarak, agar tidak saling berdempetan jika mengembang. Biarkan ± 10 menit. Jika sudah mengembang barulah kita bentuk caterpilar.
~  Tata diloyang yang telah di oles mentega, beri jarak tutup dengan plastik wrap biarkan ± 20 menit sampai mengembang. Kemudian oles dengan bahan olesan lalu beri topping (saus tomat, keju mozarella, mayonaise, bubuk oregano).
~  Panggang di oven hingga kuning , angkat tata di rak kawat hingga dingin. Simpan di wadah tertutup agar terjaga kelembabannya. Siap dinikmati.



*  Topping :

~  Sosis sapi
~  Keju Mozarella
~  Saus tomat
~  Mayonaise
~  Oregano bubuk
~  Daun bawang iris



* Bahan olesan :

~  1 buah kuning telor
~  2 sdm susu cair













   NB :
~  Adonan ini bisa dibentuk sesuai keinginan selain bentuk caterpillar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar