Rabu, 09 April 2014

BOLU KUKUS FANCY






Lagi demam bolu kukus fancy atawa bolu gundul, dimana2 pada posting bolkus ini dan nyampe juga ke aku walaupun agak telat. Lucu banget sih liat aneka karakternya, jujur menurutku lumayan enak ni kue. Tapi anak2 memang pada dasarnya ga hobby ama kue satu ini. Dasar emaknya aja yang kerajinan alias suka coba2. 





Bahan :
~  140 gr tepung terigu
~  110 gr gula halus
~  2 butir telur dingin 
~  1 1/2 sdt baking powder
~  1 sdt emulsifier
~  1/2 sdt vanila bubuk
~  75 ml susu cair dingin
~  Pewarna makanan
~  Filling (jika ingin di isi ---->selai sesuai selera)


Cara :
~  Kocok telur dan gula hingga mengembang.
~  Kemudian masukkan emulsifier, kocok rata. Setelah itu masukkan terigu, baking powder, vanila bubuk, kocok dengan speed rendah.
~  Terakhir masukkan susu cair dingin, naikkan speed . Kocok hingga mengembang (tidak perlu sampai kental, cukup sampai mengembang dan jika dituang masih bisa meluncur dengan mulus).
~  Sementara panaskan dandang dengan api sedang.
~  Masukkan masing2 adonan yang telah diberi warna kedalam piping bag.
~  Semprotkan adonan sampai 3/4 kedalam cetakan lumpang ataupun bolu kukus yang telah dialasi cupcake (saya pakai cetakan bolkus), lalu beri motif sesuai karakter.
~  Jika ingin diberi filling, semprotkan adonan separuh lalu tambahkan filling kemudian tutup kembali dengan adonan, selanjutnya beri motif.
~  Kukus 10 menit, alasi tutup dandang dengan serbet (sebaiknya tutup dandang agak dibuka sedikit, takut ngakak si bolkusnya hehe....).
~  Adonan ini menghasilkan 11 buah bolkus ukuran sedang.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar