Rabu, 07 Mei 2014

MINI PIZZA





Pizza mini ... salah satu alternatif buat bekel sekolah. Yup, apalagi yang ada di otak mommy2 selain berkutit seputar snack box kids.
Biasanya saya membuat adonan atau dough untuk pizza ini malam hari. Setelah adonan mengembang lalu kempiskan kemudian saya tutup kembali dengan plastik wrap. Kemudian simpan dalam kulkas, menurut artikel yang saya baca ... dough ini akan lebih bagus jika disimpan dulu dalam kulkas. Maximal penyimpanan 7 jam lo .... dough ini akan lebih mudah di gilas setelah beberapa lama dalam kulkas.
Pizza ini selalu laris manis di rumahku ,karena memang anak2 semua suka. Memang rasanya ga 100% persis pizza aslinya ,tapi ga kalah enaklah. Resep ini saya copas dari 'Dapur Yuri' thanks mbk tuk resepnya .







Bahan :
*  300 gr all purpose flour
*  3 sdm susu bubuk
*  2 sdm gula pasir
*  2 1/2 sdm olive oil/minyak goreng
*  1/2 bungkus fermipan
*  1 1/2 sdt baking powder
*  1/2 sdt garam
*  1 butir telur kocok lepas
*  160 - 180 ml air hangat 

---------------------

Topping :
*  Keju mozarella
*  Sosis
*  Saus pizza/ saus tomat
*  Butter

--------------------


Cara :
*  Dalam sebuah wadah campur bahan kering kemudian masukkan kocokan telur, minyak dan air sedikit sedikit hingga adonan kalis.
*  Bulatkan adonan lalu simpan dalam wadah dan tutup dengan plastik wraping atau serbet. Diamkan beberapa jam hingga adonan mengembang 2x lipat.
*  Setelah mengembang kempiskan, bungkus dengan plastik wrap simpan kembali dalam kulkas (saya, setelah 3 jam baru dikeluarkan dalam kulkas dan siap di cetak).
*  Gilas adonan setebal ± 1cm, lalu cetak bulat2 menjadi mini pizza (saya pakai cangkir untuk mencetaknya). Lalu tusuk2 adonan dengan garpu agar dough mengembang sempurna ketika di oven.
*  Olesi permukaan dengan butter, lalu beri saus, susun potongan sosis (bisa di variasi ayam, tuna, daging asap, paprika, jamur, olive, jika suka). Tutup dengan keju mozarella. Kemudian diamkan  kembali ± 45 menit hingga mengembang ,lalu panggang di oven yang telah dipanaskan 380°F. Panggang hingga matang, angkat. Setelah dingin simpan di tempat tertutup. Atau sajikan selagi hangat hmmmm .....








Tidak ada komentar:

Posting Komentar