Rabu, 07 November 2012

RAINBOW CAKE





Baru sempet posting diblog setelah nyari2 filenya yang lupa ditaruh dimana. Sebelum mudik awal juli kemaren aku sempet2in bikin cake rainbow ini. Ternyata virusnya begitu dasyat, apalagi foto2 rainbow cake dan resepnya yang seliweran di dunia maya. Cakenya yang cantik dan warnanya yang menggoda. Mau ga mau bikin aku makin penasaran, gimana sih rasanya???? Meskipun dengan bahan yang tersisa di dapur. Karena efek mau mudik, jadi sekalian bersih2 xixi.....frosting cream cheesenya juga tipis banget, karena pake bahan seadanya. Anyway yang penting aku dah cukup puas dengan hasilnya, enakkk. Makasih resepnya ya mb Ricke Indriani......




Bahan :
~  8 kuning telur
~  7 telur utuh ukuran besar
~  200 gr gula pasir
~  15 gr cake emulsifier
~  1/4 sdt garam
~  125 gr tepung terigu protein sedang
~  25 gr maizena
~  15 gr susu bubuk
~  1 sdt vanilla
~  150 gr mentega ,lelehkan
~  Pewarna makanan ( mejikuhibiu ,sy pake pewarna dari wilton )
~  6 buah loyang  ( bulat ukuran 22cm, kotak ukuran 20x20cm, tinggi 3-4cm )

Cara :
~  Panaskan oven 190°C . Siapkan 6 buah mangkok untuk mewarnai adonan. Siapkan loyang, olesi dengan mentega alasi dengan kertas roti, olesi lagi dengan mentega sisihkan.
~  Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan garam dengan kecepatan rendah cukup hingga tercampur rata. Masukkan semua bahan kering yg sudah diayak dan vanilla, kocok dengan kecepatan rendah sampai tepung tercampur rata. Kemudian naikkan speed (high) sampai adonan mengembang, kental berjejak dan putih.
~  Masukkan mentega leleh, aduk balik merata dengan spatula. 
~  Bagi adonan menjadi 6 bagian @200 gr, beri pewarna masing2.
~  Tuang ke loyang, panggang sekitar 15-20 menit. Test sentuh/tusuk jika ingin mengetahui kematangan.
~  Keluarka cake dari loyang , dinginkan.


Cream cheese frosting:
~  250 gr cream cheese
~  100gr unsalt butter, dingin
~  500 ml non dairy whip cream manis (dingin), kocok hingga kaku atau bisa memakai 200 gr whip cream bubuk dan 400 ml air es.

Cara :
~  Kocok cream cheese dan unsalt butter hingga lembut. Campurkan kedalam whipped cream kaku (kocok speed rendah hingga tercampur rata). Simpan dalam kulkas sebelum digunakan.


Simple sirup :
~  100 gr gula pasir
~  300 ml air
( Rebus keduanya hingga gula larut dan dinginkan )

Penyelesaian:
~  Ambil selembar cake basahi dengan simple sirup, olesi cream cheese frosting, tumpuk kembali dengan selembar cake. Ulangi sampai cake terakhir. Cover cake dengan sisa frosting.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar